Makalah metabolisme lipid

Ekor hidrofobiknya lebih panjang dari pada yang ditunjukkan oleh gambar molekul Suarsana, Penggunaan primer dari sfingolipid adalah sebagai penyusun selubung mielin serabut saraf.

Metabolisme Lipid

Pada cara Liebermann-Burchard, sedikit kolesterol dalam 2 mL kloroform ditambah 10 tetes anhidrida asam asetat dan 2 tetes asam sulfat pekat.

Karakteristik Fisik Lipid Berikut ini adalah beberapa karakteristik fisik lipid, yaitu Rolifartika, Asam lemak tidak jenuh memiliki ikatan ganda pada gugus hidrokarbonnya. Akan tetapi asam lemak, beberapa fosfolipid, sfingolipid mengandung lebih banyak bagian yang polar dibandingkan dengan bagian yang non polar.

Karena itu, dikenal istilah bilangan oksidasi bagi asam lemak Asam Lemak Tidak Jenuh unsaturated fatty acidsAsam lemak yang memiliki ikatan rangkap. Oleh karena itu untuk menggambarkan kegunaan dan fungsi lemak pada kehidupan dibutuhkan pengkajian yang ilmiah dan relevan. Terpen Terpen ialah senyawa yang molekulnya dapat dianggap terdiri atas beberapa molekul isoprena 2-metilbutadiena atau mempunyai hubungan struktural dengan isoprena.

Lipida berdasarkan gugus polar dan non polar: Kelompok glikolipid ini banyak terdapat di luar membran sel terutama sel-sel syaraf.

Selain itu, ikatan rangkap dapat menangkap halogen, misalnya iodium, sehingga membentuk diiodokolesterol. LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat, karena tingginya LDL akan berpotensi menumpuk atau menempel pad dinding pembuluh nadi koroner yang dapat menyebabkan penyempitan dan penyumbatan aliran darah aterosklerosis.

Dalam penjelasan yang lain di sebutkan bahwa karakteristik suatu lipid dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut: Reaksi di atas dikenal dengan makalah metabolisme lipid penyabunan saponifikasi. Lemak pula digunakan sebagai atribut rasa dan tekstur makanan. Dalam hal ini timbul plaque pada dinding arteri, yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah karena arteri menyempit, penurunan kemampuan untuk meregang.

Lipid memiliki sifat tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut organik seperti eter, kloroform, dan benzene. Lipid padat ini tidak larut dalam kloroform karena lipid yang digunakan adalah lipid padat, bukan lipid yang sudah dicairkan dengan proses pemanasan. Aseto asetat, hidroksi butirat dan aseton dikenal sebagai badan-badan keton.

Kelas lipid kedua terdiri dari ester-ester gliseril. Makanan yang kita makan setiap harinya dapat mempengaruhi profil lipid darah kita. Enzim yang mengkatalisis reaksi ini adalah asil-CoA sintetase.

Emulsifikasi merupakan kunci nyata bagi pencernaan lemak. Kolesterol adalah komponen membran sel dan precursor hormon steroid serta garam-garam empedu yang digunakan untuk menyerap lemak.

Struktur Trigasilgliserol Fried, Dalam tubuh manusia steroid berfungsi sebagai hormon. Menurut Scy Tech Encyclopediauji acrolein digunakan untuk menguji keberadaan gliserin atau lemak. Lemak sendiri adalah sebuah gizi yang esensial.

Asam lemak jenuh hanya memiliki ikatan tunggal di antara atom-atom karbon penyusunnya, sementara asam lemak tak jenuh memiliki paling sedikit satu ikatan ganda di antara atom-atom karbon penyusunnya.

Terdapat juga varian dialkileter pada arkaebakteria.makalah asuhan kebidanan: Metabolisme Lemak Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. MAKALAH LIPID BAB I justgohostelbraga.com yang berperan dalam metabolisme lipid.

BAB II PEMBAHASAN. Karakteristis dan fungsi lipid Lipid merupakan zat – zat gizi yang memiliki fungsi – fungsi biologis untuk membantu metabolisme justgohostelbraga.com (Minyak atau Lemak) merupakan komponen bahan makanan yang penting.

Istilah minyak atau lemak sebenarnya Author: Umi Fauzan. 3/19/ · Makalah BIOKIMIA “ LIPID DAN FUNGSINYA “ OLEH: MISWANDI TENDRITA (A1C2 10 ) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI KATA PENGANTAR Assalamu΄Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Taufik Author: March 19, 6/2/ · Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. 11/21/ · Metabolisme lipid adalah suatu proses pencernaan, penyerapan, transportasi, penggunaan dan ekskresi lipid di dalam tubuh mahkluk hidup.

Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak). 2/4/ · Metabolisme lipid atau lemak ialah proses dimana asam lemak dicerna dipecah untuk energi atau disimpan dalam tubuh manusia untuk penggunaan energy dimasa depan.

Pengertian Metabolisme Lipid Serta Fungsi dan Proses yang Terjadi

Lemak sangat baik digunakan sebagai sumber energy selular karena lemak mempunyai rantai karbon yang lebih panjang sehingga berenergi labih tinggi. Sebelum digunakan sel menghidrolisis 5/5(5).

Makalah metabolisme lipid
Rated 5/5 based on 95 review